Hubungan Persepsi Praktik Laboratorium Kebidanan Dengan Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
Abstract
Latar Belakang : Pembelajaran praktik ialah kegiatan proses pembelajaran praktik dalam konteks Praktikum laboratorium (P) maupun Praktik klinik (K). Praktek laboratorium adalah strategi pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik (ketrampilan), pengertian (pengetahuan) dan afektif (sikap) yang menggunakan sarana laboratorium. Jurusan Kebidanan telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran laboratorium dalam Praktek Laboratorium Kebidanan (PLK) baik melalui tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) maupun dosen mata kuliah tetapi masih menimbulkan keluhan dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan PLK dengan kepuasan mahasiswa di Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado.
Jenis penelitian : Observasional yang bersifat deskriptif analitik yang akan mencari hubungan persepsi PLK dengan kepuasan Mahasiswa, rancangan cross sectional. Instrumen lembar kuesioner.. Variabel Independen adalah persepsi praktik laboratorium kebidanan yaitu kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan wujud dan Variabel dependen adalah kepuasan mahasiswa jurusan kebidanan. Sampel penelitian berjumlah 58 mahasiswa yang telah mengikuti praktek laboratorium di laboratorium kebidanan yaitu tingkat II berjumlah 30 Mahasiswa dan tingkat III berjumlah 28 Mahasiswa
Hasil penelitian : Tidak ada hubungan antara persepsi tentang kehandalan, daya tanggap, kepastian, dan empati dengan nilai p < 0,05. dalam praktek laboratorium kebidanan terhadap kepuasan mahasiswa dan ada hubungan antara persepsi tentang wujud dengan nilai p > 0,05 dalam praktek laboratorium kebidanan terhadap kepuasan mahasiswa. Saran perlunya penambahan waktu untuk mengadakan pertemuan dengan mahasiswa agar keluhan – keluhan dari mahasiswa mendapat tanggapan yang baik.