Pengaruh Edukasi Perencanaan Makan Bayi Terhadap Pengetahuan Gizi dan ASI, Sikap Ibu dan Dukungan Suami Pada Ibu Hamil
Abstract
Latar Belakang :Masalah kekurangan gizi yang berujung pada ketahanan pangan bukan hanya
masalah teknis, tetapi juga masalah kebiasaan setiap individu untuk dapat membiasakanmemenuhi
gizinya sendiri termasuk gizi anak sejak dalamkandungan.Pemerintah dan World Food Programme
(WFP) sepakat mengatasi masalah ketahanan pangan ini dengan 1000 awal hari awal kehidupan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh EdukasiPerencanaanMakanBayi(Niat)
TerhadapPengetahuanGizidan ASI, SikapdanDukunganSuamiPadaIbuHamil di Kota Samarinda.
Metode Penelitian :Jenis penelitian eksperimen semudenganrancanganpre and post control group
study.Besarsampeladalah 30padakelompokintervensi dan 30padakelompok kontrol . Variabel
Independen adalahNiat menyusui, Variabel Dependen Pengetahuan ASI, Gizi, Sikap dan Dukungan
suami . Analisis data menggunakanPaired t test,Uji Wilcoxon , Anova dan Manova.
Hasil penelitian terdapat perbedaan pengetahuan gizi (p=0.002), pengetahuan ASI (p= 0.004),
sikap (p=0.041) dan tidak ada perbedaan pada niat menyusui (p=1.000). variabel yang berpengaruh
terhadap pengetahuan adalah pendidikan (p=0.046) dan pekerjaan(p=0.016) variabel yang
dipengaruhiolehniat menyusuiadalah pengetahuan tentang ASI (p= 0.045), pengetahuan gizi (p=
0.039), Sikap (p=0.008). Niatmemilikipengaruhpalingbesarpadasikap (p=0.05) denganobserveb
power 0.689 yang berarti niat memberikan pengaruh terhadap sikapmenyusui sebesar 68,9 %
Kesimpulan Edukasi perencanaan makan bayi berpengaruh terhadap pengetahuan ASI dan
Gizi,Sikap menyusui.