Analisis Prestasi Belajar Pada Tipe Kepribadian Introvert, Ekstrovert, Dan Ambivert Mahasiswa Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon
Abstract
Prestasi belajar dapat dijadikan indikator keberhasilan seorang siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi–rendahnya prestasi belajarseorang siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kepribadian. Perbedaan ciri yang signifikan antara siswa yang bertipe kepribadian introvert, ekstrovert, dan ambivert dapat mempengaruhi prestasi belajar yang diperolehnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada tipe kepribadian introvert, ekstrovert, dan ambivert mahasiswa program DIII Keperawatan Gunung Maria Tomohon. Jenis penelitian ini adalah Observasional Analitik Komparatif. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa program DIII Keperawatan Gunung Maria Tomohon dan pengambilan sampel menggunakan teknik Consecutive Sampling dengan sampel penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner untuk mengidentifikasi tipe kepribadian mahasiswa dan studi dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar.
Hasil analisis yang diperoleh dari pengolahan data dengan menggunakan komputer program SPSS for windows versi 20 melalui uji kruskal wallis, diperoleh nilai p = 0,028, hal ini menunjukkan nilai p < α (0,05), maka dapat disimpulkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat perbedaan prestasi belajar pada tipe kepribadian introvert, ekstrovert, dan ambivert mahasiswa.Oleh karena itu, peran pendidik dalam mengenal tipe kepribadian peserta didik sangat diperlukan, sehingga bisa memperlakukan setiap peserta didik dengan benar dan tepat, dan pada akhirnya bisa menghantar peserta didik dalam mencapai prestasi yang optimal.