Hubungan Peran Pembimbing Klinik Dengan Kepuasan Mahasiswa Diploma Iii Keperawatan Pada Pelaksanaan Praktek Klinik Di Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon

  • Mareyke Y.L Sepang, S.Kep.,Ns.,M.Kes Nursing Academy of Gunung Maria Tomohon
  • Pricilia M. Tore, S.Kep.,Ns Nursing Academy of Gunung Maria Tomohon
Keywords: PeranPembimbingKlinik, KepuasanMahasiswa, Pelaksanaanpraktekklinik

Abstract

Praktek klinik keperawatan mahasiswa merupakan proses pembelajaran pengalaman klinik.
Pembimbing klinik di Akademi Keperawatan memiliki peran yang penting dalam pengembangan
organisasi profesi. Bimbingan pembimbing klinik diperlukan dalam proses pembelajaran klinik
terhadap mahasiswa keperawatan, karenahalinidapatmempengaruhi kompetensi mahasiswa dalam
memberikan asuhan keperawatan. Mahasiswa yang praktek dapat mengambil keputusan secara cermat
dan berpikir kritis dengan adanya pendampingand ari pembimbing klinik. Pembimbing klinik erat
kaitannya dengan kepuasan mahasiswa. Semakin besar pengalaman yang didapatkannya sesuai
dengan yang diharapkan, maka akan menimbulkan kepuasankerjaselama praktek. Penelitian ini
bertujuan mengetahui hubungan peran pembimbing klinik dengan kepuasan mahasiswa Diploma III
Keperawatan pada pelaksanaan praktek klinik di Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon.
Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Diploma III Keperawatan Semester IV yang praktek di Akademi
Keperawatan Gunung Maria Tomohon. Sampel yang digunakan sebanyak 76 mahasiswa
yangdiambildengantotal sampling, diukur dengan menggunakan kuesioner. Dari hasilujistatistik Chi-
Squaredenganujialternatif Continuity Correction diperolehnilai p = 0,000, hal ini menunjukkan nilai p
< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwah potesisal ternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak
artinya ada hubungan peran pembimbing klinik dengan kepuasan mahasiswa. Oleh karena itu,
diharapkan kepada pembimbing klinik agar dapat menjalankant ugas sesuai dengan perannya
sehingga pembelajaran praktek klinik menjadi efektif.

Published
2018-11-05