Side Sitting Position Plus Terapi Bermain Sebagai Solusi Menurunkan Stres Anak Pada Prosedur Insersi Intravena
Abstract
Pengambilan darah intravena dapat menimbulkan stres pada anak, sementara manajemen stres belum optimal dilaksanakan. Stres yang dialami anak selama hospitalisasi dapat menimbulkan berbagai gejala yang pada akhirnya dapat mempengaruhi perkembangan anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas side sitting position plus terapi bermain terhadap stres anak prasekolah yang dilakukan pengambilan sampel darah intravena. Desain penelitian quasi exsperiment post test non equipvalent with control group dengan 30 responden kelompok intervensi (Side sitting position plus terapi bermain) dan 30 responden kelompok kontrol (posisi supine). Pengukuran stress menggunakan Children’s Fear Scale. Hasil menunjukkan rerata skor stres pada kelompok intervensi lebih rendah dari kelompok kontrol (p value 0,000) Penelitian ini merekomendasikan perawat menerapkan side sitting position plus terapi bermain di setiap prosedur pengambilan darah intravena pada anak prasekolah.