Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Laboratorium RSUD Kabupaten Sorong

  • Dionysius Sumenge
  • Wa Ode Masrawati
  • Muhamad Ali Makaminan
  • Linda Agustien Makalew
Keywords: Tingkat kepuasan; pelayanan kesehatan; Laboratorium RSUD Kabupaten Sorong

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil produk dan harapan-harapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di Laboratorium RSUD Kabupaten Sorong menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (Reability), Daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), Tampilan Fisik (Tangible) , dan Empati (Emphaty).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel secara Accidental sampling. Responden mengisi kuesioner tingkat kepusan yang telah disiapkan. Perentase kepuasan partisipan kemudian dihitung sesuai indikator yang diteliti. Tingkat kepuasan pasien diukur menggunakan 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan (Reliabilitas), dimensi daya tanggap (responsive), dimensi Empati (Empathy), dimensi jaminan (Assurance), dan dimensi tampilan fisik (Tangible).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi tampilan fisik (Tangible) memiliki tingkat kepuasan tertinggi menurut responden yaitu hampir 80%. Sedangkan dimensi yang memiliki kepuasan terendah adalah kehandalan (Realibilitas) yaitu sebesar kurang lebih 68%. Penelitian ini memberikan informasi penting dalam penyusunan rencana peningkatan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan di laboratorium RSUD Kabupaten Sorong.

Published
2020-12-15
Section
Articles