LEVEL OF SATISFACTION OF PATIENTS OF BPJS HEALTH ON QUALITY OF SERVICE IN PUSKESMAS BAILANG, MANADO CITY

  • Trisna Awalinda Faculty of Nursing, De La Salle Catholic University of Manado
  • Julianus Ake
  • M Consolatrix da Silva
Keywords: Service Quality,, Satisfaction Of BPJS Health Care Patients,, Outpatient Service Unit Health Care

Abstract

Background: patient satisfaction is one indicator of the success of health services and an important aspect that must be achieved by all health services institutions. Quality services are a form of patient acknowledgment of services received. Some studies employ satisfaction levels to determine a patient’s satisfaction. Aim: This study aims to examine the relationship between the quality of service and the level of patient satisfaction of health care participants in outpatients at the Bailang Public Health Center. Method: This study uses a cross-sectional design. Using a purposive sampling technique, as many as 37 respondents agreed to use. Service quality data is collected using a questionnaire sheet. Data were analyzed using the Fisher Exact Test statistical test, with a significance level of 95% (p <0.005). Results: the analysis showed a significant relationship (p = 0.014) between service quality and patient satisfaction. This research shows that service quality greatly increases patient satisfaction. Improvement of the quality of services provided will increase patient satisfaction. The findings in this study are expected to be a reference to improve the quality of BPJS services in the general public and specifically at the Bailang Puskesmas.

References

Andayani Budi Lestari (2014), Jaminan Kesehatan Nasional & Peran BPJS Kesehatan diakses melalui http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bpjs/AndayaniBudiLestariJKN-BPJS.pdf diakses pada tanggal 05 Maret 2016 pukul 12.00 WITA
Anggi Reny Sudibyo (2014) skripsi dengan judul Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Terhadap Pelayanan di RSIA Srikandi IBI Jemberhttp://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/62073/Anggi%20Reny%20Sudibyo%20-%20122110101220.pdf?sequence=1diakses pada tanggal 07-maret 2016 pukul 18.00 WITA
Amran, Y (2012). Pengolahan dan Analisis Data Statistik di Bidang Kesehatan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25681?mode=full diakses tanggal 07 Maret 2016 pukul 17.00 WITA
Asmadi (2008). Konsep Dasar Keperawatan, kedokteran EGC Jakarta
Azwar (1996) dikutip oleh Dwi Zaniarti (2011) skripsi untuk memperoleh gelar sarjana psikologi dengan judul Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien Rawat Inap Jamkesmas Di RSUD Salatiga http://lib.unnes.ac.id/10864/1/10148.pdf diakses pada tanggal 07 maret pukul 09.43 WITA
BPJS Kesehatan. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan
BPJS Kesehatan Puskesmas Bailang Kecamatan Bunaken Kota Manado Sulawesi Utara (data diambil pada tanggal 08 Maret 2016 pukul 10.00 WITA)
BPJS Kesehatan Indonesia (2016) http://www.bpjs-kesehatan.go.id diakses 08 Maret 2016 pukul 11.00 WITA
BPJS Kesehatan Indonesia (2016), Iuran BPJS naik.http://www.bpjs-online.com/iuran-bpjs-naik/ diakses tanggal 26 Maret 2016 pukul 14.00 WITA
BPJS Kesehatan. (2014). Panduan Layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan. Diakses melalui http://www.sdm.depkeu.go.id/doc/Buku_Panduan_Layanan_bagi_Peserta_BPJS_Kesehatan.pdf pada tanggal 05 Maret 2016 10.55 WITA
BPJS Kesehatan, Health Facilities (2014) http://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/14/Fasilitas-Kesehatan diakses pada tanggal 05 maret 2016 pukul 11.00 WITA
Dian Wahyuni Desimawati (2013) Skripsi, dengan judul Hubungn Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/3179/Dian%20Wahyuni%20Desimawati%20%20092310101060.PDF?sequence=1 diakses tanggal 06 Maret 2016 pukul 16.00 Wita
e-journal, Rumengan, Umboh dan Kandou (2015) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manadohttp://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7180 diakses pada tanggal 17 maret 2016 pukul 12.00 WITA

e-Journal,Yuliani Umi (2015) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat inap di RSUD dr Sayidirman magetan http://eprints.ums.ac.id/39567/13/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf diakses tanggal 17 maret 2016 pukul 13.00 WITA
IGA Trimurthy (2008), Skripsi dengan judul Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan https://core.ac.uk/download/files/379/11717422.pdf diakses tanggal 06 Maret pukul 12.09 WITA
Kemenkes, 2013, Buku saku FAQ, frequently asked questions BPJS Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI Jakarta
Pohan (2007) dikutip oleh Agus Diman Syahputra (2015), Karya Tulis Imiah untuk memperoleh gelar Ahli Madya Keperawatan dengan judul “ Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun 2015http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/15297/KTI%20Jadi.pdf?sequence=1 diakses 06 Maret 2016, pukul 10.00 WITA
Praptiwi Agustina (2010),Skripsi dengan judul Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas Terhadap Pelayanan Di RSUD Kabupaten Sukoharjo https://core.ac.uk/download/files/478/12348999.pdf diakses tanggal 17 Maret 2016 pukul 13.02 WITA
Priyatno Duwi (2013), Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS Mediakom Yogyakarta

Putri & Mahendra (2014) Himpunan Lengkap Peraturan Perundang-Undangan Jaminan Kesehatan Indonesia, edisi pertama, Pustaka Martabat, Tangerang Selatan
Rangkuti (2006) dikutip oleh Agus Diman Syahputra (2015), Karya Tulis Imiah untuk memperoleh gelar Ahli Madya Keperawatan dengan judul “Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun” hal 32 http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/15297/KTI%20Jadi.pdf?sequence=1 diakses 06 Maret 2016, pukul 10.00 WITA
Sabarguna (2005) dikutip Novita Kumalasari (2009) karya Tulis Ilmiah untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan dengan judul “Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun 2015 https://core.ac.uk/download/files/478/12349937.pdf diakses pada tanggal 06 Maret 2016 pukul 10.10 WITA
Sangadji Etta Mamang & Sopiah (2013) Perilaku Konsumen C.V Andi Offset Yogyakarta
Seroan dkk (2015), Metode, Teknik, Instrument dan Analisa Penelitian https://metodepenelitiana.wordpress.com/metode-teknik-instrument-dan-analisa-penelitian-1/ diakses tanggal 01 juli 2016 pukul 22.00 WITA
Setiadi, 2013, Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan, edisi kedua Graha Ilmu Yogjakarta
Simatupang (2008) dikutip Novita Kumalasari (2009) karya Tulis Ilmiah untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan dengan judul “Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun 2015https://core.ac.uk/download/files/478/12349937.pdf diakses pada tanggal 06 Maret 2016 pukul 10.10 WITA
Sunyoto Danang (2014) Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, edisi kedua,CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta hal 230,231,232,234,235
Suyanto (2011), Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan Nuha Medika Jogyakarta
Tjiptono dan Chandra (2005) dikutip oleh Novita Kumalasari (2009), karya Tulis Ilmiah untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan dengan judul “Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun 2015https://core.ac.uk/download/files/478/12349937.pdf diakses pada tanggal 06 Maret 2016 pukul 10.10 WITA
Ulfa Royanah (2015), Skripsi dengan judul Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI) Di Puskesmas Halmahera Kota Semarang http://lib.unnes.ac.id/20284/1/6411411166-S.pdf diakses pada tanggal 07 Maret 2016 Pukul 18.00 WITA
Viva, Jumlah Penduduk Indonesia Per Provinsi. 2016. http://nasional.news.viva.co.id/news/read/183708-inilah-rincian-penduduk-ri-per-provinsi diakses tanggal 05 Maret 2016 pukul 11.25WITA
Published
2019-07-31
How to Cite
Awalinda, T., Ake, J., & Consolatrix da Silva, M. (2019). LEVEL OF SATISFACTION OF PATIENTS OF BPJS HEALTH ON QUALITY OF SERVICE IN PUSKESMAS BAILANG, MANADO CITY. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 7(1), 01-12. https://doi.org/https://doi.org/10.47718/jpd.v7i1.794
Section
Articles