The Use of Video as an Educational Medium in Increasing Adolescents' Knowledge and Attitudes About the Impact of Gadget Use
Abstract
Pendahuluan: Penggunaan gadget yang berlebihan bisa membawa dampak yang cukup besar bagi tumbuh kembang anak, termasuk remaja. Salah satunya perihal berkurangnya aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan remaja. Selain itu, dampak negatif lain adalah bila durasi yang digunakan terlalu lama bisa berakibat pada mata dan otak. Karena itu, diperlukan pendidikan kesehatan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja agar dapat menggunakkan gadget dengan baik dan benar. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan tentang dampak penggunaan gadget terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian preexperimental one-group pre-test and post-test design. Tempat penelitian dilaksanakan di kelurahan malalayang 1 barat selama bulan mei-juni 2023. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 69 orang dengan intrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian yang dilakukan memiliki hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan tentang dampak penggunaan gadget terhadap pengetahuan dengan P value 0,00 (<0,05). Dan hasil penelitian dengan hasil yang signifikan juga antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan tentang dampak penggunaan gadget terhadap sikap dengan P value 0,00 (<0,05). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan menggunakan media video, efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang dampak penggunaan gadget.
References
2. Irfan I, Aswar A, Erviana E. Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing. 2020;5(2):95.
3. Setianingsih, Amila Wahyuni Ardani FNK. DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. 2018;XVI(2):191–205.
4. Oktafia DP, Triana NY, Suryani RL. Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan. 2021;4(1):31–47.
5. Anggraeni S. Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal. 2019;6(2):64–8.
6. SUSANTI A. PENGARUH LAYANAN INFORMASI KEPADA ORANG TUA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI. 2019;
7. Nurmala I. PROMOSI KESEHATAN. Surabaya: Airlangga University Press; 2018.
8. Notoatmodjo. Metodologi penelitian kesehatan. Vol. 3. Jakarta: Rineka Cipta; 2018. 184–192 p.
9. Kusumasari RN. Lingkungan Sosial Dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA). 2015;II(1):32–8.
10. Raisah P, Ramadhan S, Kala PR, Seni W, Bakri A, Yulis S, et al. Efektivitas Penyuluhan Tentang Bahaya Gadget, Pergaulan Bebas, dan Narkoba dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMA Negeri 1 Lembah Seulawah. Jurnal Dimasaya. 2021 Jan;1(1):6–13.
11. Zahroh NF. Asuhan Keperawatan pada Ibu Masa Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Playen II [Karya Tulis Ilmiah]. [Yogyakarta]: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2021.
12. Septian TA. Pengaruh Promosi Kesehatan melalui Metode Ceramah dengan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Bahaya Gadget bagi Kesehatan Mata pada Siswa Smpn 05 Kota Bengkulu. [Bengkulu]: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu; 2022.
13. Amperatmoko AS, Apriningsih A, Makkiyah FA, Wahyuningtyas W. Differences in Effectiveness of Use of Educational Media on Anemia Towards Knowledge, Attitude, SelfEfficiency of Adolescent Women in Sirnagalih Village. Journal of Community Health . 2022;8(1).
14. Agustina M, Djannah SN. Efektivitas Media Penyuluhan Audio Visual Dalam Peningkatan Sikap Tentang Perilaku Berisiko Pada Kesehatan Reproduksi Remaja. [Yogyakarta]: Universitas Ahmad Dahlan; 2020.
15. Wahyuni ED, Ni’mah L, Asipah NN. The effectiveness of health education course review horay learning method on child behavior changes to impact the prevention of smartphone addiction. Eurasian J Biosci. 2020;14(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.