Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Judul Harus Menulis Singkat, Jelas dan Mencerminkan Hasil Penelitian

(Jenis Huruf Calibri font 14,) Spasi Tunggal, Tebal,  Teks Center)

 

Penulis Pertama 1a *, Penulis Kedua 2b, Penulis Selanjutnya 3c ( Calibri font 12)

1 Poltekkes Kemekes Manado Jurusan keperawatan, Indonesia

2 Fakultas Kedokteran Universitas Jogyakarta, Indonesia

3 Organisasi Kesehatan Dunia

a Pertama penulis email, b Penulis kedua sebuah email, c Penulis email selanjutnya

 

ABSTRAK

(Calibri font 12 spasi 1, Ketik Bold, untuk penulisan Latar belakang, Tujuan, Metode, Hasil Penelitian, Kesimpulan)

Penulisan abstrak dalam 2 versi  pertama Indonesia dan  kedua bahasa Inggris.

 

Abstrak ditulis  pendek ringkas hanya 200-300 kata dan terdiri dari satu paragraf berisi latar belakang singkat, tujuan penelitian, metode penelitian, secara ringkas hasil utama dari temuan meliputi fakta baru, kesimpulan utama, dan implikasi. Seharusnya berisi semua kata kunci yang akan diindeks; tidak termasuk tabel yang tidak dijelaskan, ilustrasi, referensi, singkatan, dan akronim; tidak mengandung informasi atau kesimpulan yang tidak ada dalam naskah. Jangan diulang judul secara abstrak. Intinya secara abstrak adalah menyampaikan ringkasan singkat hasil penelitian  apa yang dimiliki telah dilakukan dan yang telah diperoleh.

 

Kata Kunci :  Perilaku, Cuci tangan, Usia sekolah

 

 1. PENDAHULUAN (Calibri font 12, spasi 1,5 untuk semua isi naskah, penulisan naskah mulai dari pendahuluan sampai daftar pustaka dalam bentuk dua kolom)               Pendahuluan pada dasarnya berisi deskripsi masalah atau alasan penelitian atau pernyataan logis yang mengarah pada hipotesis atau tema utama. Bagian Pendahuluan harus terdiri dari: a.  Latar belakang umum penelitian, b. Keadaan seni atau studi singkat dari literatur penelitian lain yang serupa (sebelumnya) untuk membenarkan penelitian baru dalam artikel ini (tips: satu hingga dua paragraf); c. Pustaka referensi pada bagian sebelumnya dari bagian penelitian seni harus terkini, relevan, dan asli (literatur primer) dari tinjauan pustaka tidak terlalu luas; d. Analisis kesenjangan atau kesenjangan kebaruan berdasarkan keadaan seni (pernyataan kesenjangan harus mengandung dua elemen, yaitu, dari aspek penting penelitian dan apa keunikan atau kebaruan penelitian dibandingkan dengan penelitian sebelumnya); e. Hipotesa (jika ada) tidak selalu dinyatakan dan tidak perlu dalam bentuk kalimat.Menulis di pendahuluan dengan menggunakan huruf Calibri dengan font 12, spasi 1,5 .Penulisan kutipan dan daftar pustaka  menggunakan manajer referensi seperti  penulisan rujukan Havard,  contoh : Menurut Notoatmojo, dkk (2016).  Jika ada kata yang tidak berasal dari bahasa Indonesia, kata itu harus dicetak miring.2.  METODE PENELITIAN                Metode Penelitian atau Bahan dan Metode, dan bukan "Metodologi"; semua jumlah dalam satuan standar dan konsisten; jika penggunaan bahan kimia secara khusus dinyatakan sehingga peneliti lain dapat mereplikasi dengan benar dan dilengkapi dengan kemurnian dan merek,  ditulis dalam murni atau prekursor, bukan dalam larutan (mis. H2SO4 (99%, MERCK), tidak seperti ini: H2SO4 1 N). Pada saat penulisan prosedur baru ditulis dalam bentuk encer dan jumlahnya, misalnya: ".... dilarutkan dalam 100 ml H2SO4 1 N." Peralatan penelitian tertulis adalah satu-satunya set peralatan utama, sedangkan yang kecil peralatan pendukung tidak perlu ditulis. Setiap langkah dideklarasikan, termasuk jumlah pengulangan; semua teknik / prosedur yang disebutkan (sebutkan nama jika bakuan, atau uraian jika prosedurnya baru atau dimodifikasi), hindari bentuk kalimat perintah dalam menguraikan prosedur; tidaklah baik untuk menulis "Penelitian ini adalah penelitian deskriptif ..." atau "Penelitian ini adalah penelitian eksperimental ...."; alat-alat seperti gunting, tabung pengukur, pensil, tidak perlu ditulis, tetapi hanya menuliskan perangkat utama, menguraikan alat analitis (bahkan untuk jenis dan keakuratan), menuliskan lokasi lengkap penelitian, jumlah responden, bagaimana proses pengamatan atau wawancara atau kuesioner, bagaimana mengukur tolok ukur kinerja; metode umum tidak perlu ditulis secara rinci, tetapi cukup merujuk ke buku referensi.Bahan dan metode penulisan dapat dijadikan sub-bab agar lebih terperinci dan teratur. Tulisan bisa seperti contoh berikut:2. BAHAN DAN METODE PENELITIAN2.1. Desain penelitian2.3. Populasi dan sampel penelitian2.4. Bahan dan alat penelitian2.5. Tahap pengumpulan / penelitian2.6. Analisis data 3. HASIL PENELITIANHasil penelitian di ketik terpisah dengan pembahasanContoh hasil penelitian Tabel dan GrafiksTabel dan grafiks termasuk dalam teks. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan tabel dan grafic (peta dan grafik), yaitu:1. Tabel diberi nomor dengan angka Arab (menunjukkan nomor tabel) Contoh: Tabel 2. (tabel kedua) dengan ukuran  Calibri font  11.2. Tabel diberi judul di atas tabel dengan spasi 1 (satu) spasi. Jarak antara judul tabel dan tabel 1 (satu) spasi dengan ukuran Calibri font 11, dibiarkan datar.3. Ketika tabel atau gambar yang disajikan diambil atau dikutip dari sumber tertentu, sumber tersebut ditulis di bawah tabel atau gambar tanpa spasi dengan ukuran font Calibri 10.4. Sejauh mungkin tabel disajikan pada halaman yang sama. Jika tabel lebih dari 1 halaman dan harus diputuskan, itu dapat dilanjutkan dengan halaman berikutnya tetapi diberi informasi lebih lanjut dan diberi judul tabel, dan judul kolom (table head).5. Tabel tidak diberikan semua garis tetapi hanya membuka dan menutup6. Menulis data dengan angka desimal menggunakan koma (,)7. Ukuran font untuk tabel dan konten gambar adalah Calibri 108. Gambar diberi nomor dengan angka Arab (menunjukkan nomor seri gambar). Contoh: Gambar 2. (gambar kedua) dengan font Calibri 11.9. Gambar berjudul di bawah gambar dengan 1 (satu) spasi. Sumber data ditulis terlampir di bawah gambar dengan jarak 1 (satu) spasi dengan ukuran 10, dibiarkan rata.4. PEMBAHASAN               Hasil dan diskusi tidak mengandung pengulangan data yang tidak terkait langsung dengan referensi dan tujuan penelitian yang tidak perlu atau tidak terpakai dan kata-kata yang tidak perlu. Dengan kata lain, data yang disajikan dalam hasil adalah data yang telah diproses sedemikian rupa, bukan data observasi mentah. Datadata diproses dalam bentuk tabel atau gambar, misalnya: "Tabel 5 menunjukkan ..." tetapi "... (Tabel 5) ...". Hasil yang disajikan secara sistemik dapat dilihat dalam 'tujuan penelitian' atau 'hipotesis' dan harus didukung oleh data dan ilustrasi yang diproses dengan baik. Angka-angka naratif dalam tabel atau ilustrasi tidak diperlukan; setiap gambar dan tabel harus dirujuk dalam teks dan sebaliknya; mengacu pada gambar atau tabel, jangan gunakan kata lokasi "di atas" atau "di bawah", misalnya hindari / tidak: "Berdasarkan Gambar 1 di atas ...", "... disajikan pada Tabel 3 di bawah:. .. "; Pastikan untuk memeriksa hal-hal berikut dalam hasil dan diskusi:a. Dicerminkan oleh kecerdasan penulis?b. Argumentasi penulis logische?c. bagaimana hubungan penulis dengan pendapat atau hasil penelitian lainnya?d. bagaimana menghubungkan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan atau  hipotesis?e. Apakah ada implikasi dari hasil teoritis dan implementasi?f. interpretasi penulis yang berguna?g. Apakah ada batasan temuan?h. apakah ada spekulasi yang berlebihan? Panduan praktis lain yang dapat digunakan sebagai kiat atau strategi untuk menulis bagian Hasil dan Diskusi adalah bahwa bagian ini mengandung setidaknya yang berikut ini:Apa: apakah data yang disajikan telah diproses (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar (pilih satu), dan diberi informasi yang mudah dimengerti?Mengapa: di bagian diskusi ada hubungan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan / atau hipotesis?Apakah ada perbedaan dengan peneliti yang lain: adakah kesesuaian atau konflik dengan hasil penelitian orang lain?Juga disarankan untuk menulis tentang implikasi dari hasil penelitian teoritis dan implementasi?Pertanyaan lain yang dapat digunakan sebagai referensi: Apakah hipotesis didukung oleh hasil? Mengapa hasilnya bisa seperti itu? Bagaimana studi ini dapat ditingkatkan? Apa arah masa  depan untuk penelitian tentang topik ini? Apa aplikasi praktis dari penelitian ini? Apa yang bisa disimpulkan dari penelitian ini? 7. KESIMPULAN               Kesimpulan dibuat singkat tanpa penomoran, kesimpulan hanya menjawab tujuan atau hipotesis dalam penelitian ini. Kesimpulan ditulis secara kritis, teliti, logis dan jujur ​​berdasarkan fakta yang diperoleh. Seharusnya tidak ada lagi diskusi dalam kesimpulan dan hanya terdiri dari satu paragraf. Jika ada saran dalam kesimpulan, maka saran menjadi satu dengan kesimpulan (tidak perlu membuat sub-bab baru) dengan hanya membuat paragraf baru setelah paragraf kesimpulan. Saran harus sesuai dengan implikasi penelitian dan tidak konyol. PENGAKUANUcapan terima kasih disampaikan kepada pihak-pihak yang tepat, terutama kepada lembaga atau orang yang sebenarnya membantu penelitian, misalnya: kepada donor, fasilitas, bahan atau saran. Jangan berterima kasih kepada salah satu penulis.

 

REFERENSI

Bibliografi utama berasal dari jurnal dan prosiding. Semua kutipan yang dirujuk dalam naskah harus ditulis dalam daftar pustaka sehingga penggunaan manajer referensi diperlukan. Literatur minimum yang digunakan dalam naskah adalah dalam rentang 5 tahun ketika penelitian dilakukan. Referensi harus mengandung pustaka referensi yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah) minimal 80% dari total bibliografi yang ada. Setiap naskah berisi setidaknya 20 (dua puluh) daftar pustaka referensi

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.