MEDIA VIDEO ANIMASI CARA MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENINGKATKAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA KELAS IV-V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ISTIQOMAH

  • Novarita Mariana Koch Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Manado
  • Youla Karamoy Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Manado
  • Sevi Nadya Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Manado
  • Jeanne D’Arc Adam Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Manado

Abstract

Latar Belakang : Upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut secara langsung dilakukan pada semua masyarakat sebagai bagian dari perubahan hidup sehat. Adanya sarana pendukung kesehatan  mempermudah terlaksananya program kesehatan seperti media.  Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan pemutaran media video animasi cara memelihara kesehatan gigi dan mulut terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa Kelas IV-V Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqomah Bailang Manado. Metode: Jenis penelitian analitik  quasi eksperimen dengan pendekatan one group pre-post test design dengan menampilkan media video animasi serta pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah intervensi pada 2 kelompok. Hasil : Menunjukkan rata-rata sebelum pemutaran media video animasi cara memelihara kesehatan gigi dan mulut terdapat 10 responden  (22,7%) dengan kriteria kurang baik, serta 34 responden (77%) kriteria baik, dan sesudah pemutaran video animasi didapatkan 44 responden (100%) pengetahuan baik. Analisa uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan (signifikan) nilai p = 0,002 (0,00 < 0,05). Kesimpulan : Media video animasi cara memelihara kesehatan gigi dan mulut  berpengaruh untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut.

References

1. Sirat IM. Gambaran Ohi-S Dan Perilaku Menyikat Gigipada Siswa Kelas Vi Sdn 5 Pekutatan Kecamatanpekutatan Kabupaten Jembrana Tahun 2016. J Skala Husada J Heal. 2018;14(1):34-41. doi:10.33992/jsh:tjoh.v14i1.172
2. Maysaroh A, Indriati G. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi Dan Mulut Terhadap Perilaku Menyikat Gigi Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 136 Pekanbaru. Published online 2013:1-9. https://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/4098
3. Prasanti D, Fitrianti DR. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. 2018;2(1):15.
4. Anwar AI, Abdat M, Ayub AA, Yusrianti M. Status Kebersihan Mulut Berdasarkan Indeks Oral Hygiene Index Simplified (Ohi-S) Pada Siswa Sekolah Usia 9, 10 Dan 11 Tahun. Cakradonya Dent J. 2023;11(2):86-90. doi:10.24815/cdj.v11i2.16149

5. Sumerti S, Gede Agung A, Arini A, Arnata A. Perbedaan tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut melalui penyuluhan dengan media poster dan video pada siswa kelas IV dan V SDN 2 Kaliakah Kecamatan Negara tahun 2022. Dent Heal J. 2022;9(2):99-107. https://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JKG

6. Kusumadani N, Mahirawatie IC, Ulfah SF, et al. Perbedaan Pengetahuan Karies Gigi dengan Menggunakan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas IV,V,VI. Indones J Heal Med. 2022;2(3):304-311. https://rcipublisher.org/ijohm/index.php/ijohm/article/view/130
7. Claudia C, Purwaningsih E, Ulfah SF. Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Menyikat Gigi Yang Benar Pada Anak Sekolah Dasar. Dent Ther J. 2021;3(2):58-65. doi:10.31965/dtl.v3i2.594
8. Dwi Utami P, Mulyanti S, Insanuddin I, Supriyanto I. The Effectiveness Of Flip Chart Media And Learning Videos In Improving Understanding About Dental Cares. J Kesehat Siliwangi. 2021;2(2):678-683.
Published
2024-11-30
How to Cite
Koch, N., Karamoy, Y., Nadya, S., & Adam, J. (2024). MEDIA VIDEO ANIMASI CARA MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENINGKATKAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA KELAS IV-V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ISTIQOMAH. JIGIM (Jurnal Ilmiah Gigi Dan Mulut), 7(2), 56-60. https://doi.org/https://doi.org/10.47718/jgm.v7i2.2515