KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS BITUNG BARAT MAESA
Abstract
Pelayanan Kesehatan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi baik secara mandiri maupun bersama - sama untuk memelihara, meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan perseorangan, kelompok dan ataupun masyarakat. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kesan terhadap kinerja atau hasil dan harapan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan juga meliputi aspek ketelitian, kecermatan, keahlian dokter, kepercayaan terhadap dokter, selektifitas dokter dalam memberi obat, keterbukaan dokter dalam menjawab pertanyaan pasien, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Bitung Barat Maesa. Jenis penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian yaitu semua pasien yang berkujung ke Poli Gigi Puskesmas Bitung Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Menggunakan kuesioner hasil di Analisa melalui uji Chi Square untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien.
Berdasarkan Uji Chi Square menunjukan ada pengaruh yang bermakna (signifikan) dilihat dari nilai p Value 0,000 <nilai a (0,05) menunjukan adanya pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ada pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bitung Barat Maesa Kota Bitung.
References
Astuti Sry, Nyorong Mappeaty, Ekowati Neni. Pengaruh Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sentosa Baru Kota Medan. Jurnal Kesmas Prima Indonesia. Vol. 2 No 2. (36)
Eka Satriani Sakti. (2019). Infodatin Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan Ri. Winne Widiantini. Jakarta Selatan
Ervianingsih, Niluh Puspita Dewi, Anggraeni Endah Kusumaningrum, Asriwati, Hetty Ismainar, Magfirah, Yuyun Umniyatun, Mochamad Iqbal Nurmansyah, Irwan Hadi, Syafika Alaydrus, Syamsuriansyah, Rospita Adelia Siregar, & Satya Darmayani. (2020). Kebijakan & manajemen Pelayanan Kesehatan. widina. Bandung
Fatrida, D, Andesma, S. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Universitas Kader Bangsa Palembang. Volume 4, Nomor 1.
Handayany Nastity Gemy. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian & Kepuasan Pasien.Makasar.
Ibrahim, Meisyaroh, M, Ramadhani, D. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut. Stikes Muhammadiyah Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang. Volume 6 nomor 1.
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI. Jakarta
Litbangkes. (2018a). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.
Ladytama,&Sugiarto(2018).PengaruhKualitasPelaMyaannaajnemKeenseKheasethaantaGnigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien di Agung Semarang Indonesia.
Mawardani Kumala Ina & Nurelah. (2022). Mengenal Bidang Layanan Kesehatan. kementrian pendidikan,kebudayaan,riset, dan teknologi republik indonesia. Jakarta
Mangindara, Rahmadani Suci, Devi Sri. (2022). Manajemen Jaminan Mutu Kesehatan. Cv. Feniks Muda Sejahtera.Sulawesi Tengah
Nababan Donal, Manurung Jasmen, Marnita Evi Siska, & Wahyuningsih. (2021). Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum. Zahir Publishing.Yogyakarta.
Notoatmodjo Soekidjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Putri, Jayatri, R, A, P, Handoko, A, S, Nopiyani, S, M, N, Utami, A, W, N, Pertiwi, RA, F, K, N. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Bandung Mangusada. Bali Dental Jurnal. Vol 3 Nomor 2. https://jkg-udayana.org/ojs/index.php/bdj/article/view/33
Sukardin, Muliawati Kadek Ni, Nisa Roifatun, Bina Yoanita Maria, Murtoyo Eddy, Hutomo Prasetyo Maria Wahyuni, Jihad Al Nurkharistna Much, Djago Azi Monika Herliana, Maidaliza, Putri Berian Rima, Adinata Arfan, Dewi Fariday Claudia, Panglipurningsih Prabasari Ayu Ninda, Ayu Made Ni, Widyandari Sukma, Erviana, Sapwal Jumaidi Muh, Amalia Nurul Rahmita, Orizani Maria Chindy, … Munandar Arif. (2023).
Triwijayanti Renny & Rahmania Annisa. (2022). Mutu Pelayanan Puskesmas DalamPersepsiPasien.
Yani Endah Widi Ristya, Handayani Wanodyo Tri Ari, Kiswaluyo, Hadnyanawati Hestieyonini, Dwiatmoko Surartono, Misrohmasari Afida Akhya Alyda. (2021).Praktek Kerja Lapang Manajemen Pelayanan Kesehatan. UPT Penerbitan. Jember