PHANTOM EFEKTIF MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH AL – AQSHA MOLAS KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO
Abstract
Latar Belakang : Ketidak tahuan menyebabkan Kesehatan gigi dan mulut tidak menjadi prioritas bagi sebagian orang, padahal gigi dan mulut merupakan gerbang utama masuknya berbagai kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pengetahuan anak dalam menyikat gigi sangat kurang oleh sebab itu sangat penting diberikan pendidikan kesehatan kepada anak-anak cara menyikat gigi yang baik dan benar. Pemberian pengetahuan akan lebih efektif apabila didukung dengan adannya media antara lai media panthom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas alat peraga phantom terhadap pengetahuan menyikat gigi pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al- Aqsha Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado. Metode : Jenis peneltian ini bersifat quasi experiment (eksperiment semu) dengan rancangan pre-post test design dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni minggu ke dua dan ke tiga di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aqsha Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado. Sampel penelitian berjumlah 30 responden siswa kelas V dan VI dari 67 populasi dengan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner tertruktur yang berisi tentang pengetahuan menyikat gigi. Hasil : Analisis data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya dengan uji wilcoxon, nilai Z hitung -3.436 dan nilai kelompok kontrol 3.425; nilai p 0.001 (p < 0.05). Disimpulkan bahwa alat peraga phantom efektiv meningkatkan pengetahuan menyikat gigi pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Aqsha Molas.