Pengaruh Pemberian Kalsium Terhadap Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Dengan Hipertensi

  • Eline Charla Sabatina Bingan Prodi D.IV Kebidanan, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
Keywords: Hipertensi, Kalsium, Tekanan Darah

Abstract

Latar Belakang: Salah satu keadaan patologis yang sering terjadi pada ibu adalah Hipertensi Dalam Kehamilan (HDK), yang berakibat fatal apabila tidak terdeteksi secara dini sehingga mengarah kepada preeklamsia. Berbagai uji klinis dilaporkan kejadian hipertensi hingga preeklampsia menjadi berkurang dengan pemberian suplementasi kalsium, tekanan darah menjadi rendah, dengan pemberian kalsium.
Tujuan: Mengetahui Pengaruh Pemberian Kalsium terhadap Tekanan Darah pada Ibu Hamil dengan Hipertensi.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi mengikuti proses pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil dengan hipertensi. Perlakuan dengan pemberian susu berkomposisi kalsium 40% kemudian diobservasi tekanan darah selama 3 hari. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Panarung Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah dari tanggal 1 Maret 2018 sampai dengan 25 Mei 2018. Besar sampel dalam penelitian ini 26 responden. Uji statistik dengan menggunakan Chi-Square.
Hasil: Berdasarkan uji statistik menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ada hubungan antara pemberian kalsium dengan tekanan darah pada ibu hamil dengan hipertensi.
Kesimpulan: Pemberian kalsium, usia dan riwayat keturunan secara statistik terbukti berhubungan dengan tekanan darah pada ibu hamil, rekomendasi kalsium sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi tekanan ibu hamil.

Published
2019-07-11