Faktor-Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Poli Klinik Obs-Gin Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Kota Manado

  • Nelawati Radjamuda Jurusan Kebidanan STIKES Muhammadiah Manado
  • Agnes Montolalu Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado
Keywords: Faktor-faktor risiko, Kejadian hipertensi, Ibu Hamil

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi Dalam Kehamilan (preeklampsia dan eklampsia) adalah salah satu dari tiga penyebab utama kematian ibu disamping perdarahan dan infeksi. Ada sekitar 85% preeklampsia terjadi pada kehamilan pertama. Preeklamsia terjadi pada 14% sampai 20% kehamilan dengan janin lebih dari satu dan 30% pasien mengalami anomali rahim yang berat.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor Risiko dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil di Poli Klinik Obs-Gin RSJ Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Kota Manado.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan pendekatan retrospektif. Sampel sebanyak 207 ibu hamil dengan hipertensi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format pengumpulan data dan di analisa dengan program komputer SPSS 17.0.
Hasil : penelitian ini didapatkan kejadian hipertensi ibu hamil pada umur <20 tahun 117 orang (56,5%), pada primipara 109 (52,7%), dan pada riwayat hipertensi (preeklamsi-eklamsi) 115 orang (55,6 %). Hasil bivariat yaitu terdapat hubungan antara umur dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil (p=0,002), terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dengan nilai p=0,000 dan terdapat hubungan antara riwayat hipertensi dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dengan nilai p=0,002 (p<0,005).
Kesimpulan : faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil yaitu umur, paritas dan riwayat hipertensi (preeklamsi-eklamsi).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-22
How to Cite
1.
Radjamuda N, Montolalu A. Faktor-Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Poli Klinik Obs-Gin Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Kota Manado. JIDAN Jurnal Ilmiah Bidan [Internet]. 22Mar.2018 [cited 16Jul.2024];2(1):33-0. Available from: https://ejurnal.poltekkes-manado.ac.id/index.php/jidan/article/view/314