PENGARUH PELATIHAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERSIAPAN PERSALINAN DAN MENJADI ORANG TUA DI PUSKESMAS TELING KOTA MANADO

  • Anita Lontaan Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
  • Atik Purwandari Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
  • Femmy Keintjem Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
Keywords: Pengetahuan Persalinan, Kesiapan menjadi orang tua

Abstract

Upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) adalah dengan ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan oleh tenaga profesional, meliputi pemeriksaan kehamilan sesuai dengan standar pelayanan, yaitu minimal 4 kali melakukan pemeriksaan selama kehamilan, manfaat melakukan pemeriksaan kehamilan dapat terdeteksi sedini mungkin bila ada kelainan, dan ibu hamil segera mendapatkan penanganan yang tepat selama kehamilan maupun persalinan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan ibu hamil tentang persiapan persalinan dan menjadi orang tua di Puskesmas Teling Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan Pre TestPost Test with Control Group Design. Observasi dilakukan dalam 2 tahap, yaitu sebelum dan setelah pelatihan. Kelompok intervensi diberikan intervensi pelatihan kelas ibu hamil sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan pelatihan kelas ibu hamil. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan AprilJuli 2013, bertempat di Puskesmas Teling Manado. Subjek penelitian adalah ibu hamil yang datang ke Puskesmas yang memenuhi kriteria inklusi masing-masing kelompok 10 subjek Pengetahuan ibu hamil sesudah dilakukan pelatihan kelas ibu hamil pada kelompok Kontrol nilai Postest menurun, dan Pengetahuan pada kelompok Intervensi meningkat diakhir intervensi. Hasil analisis anova one way menunjukkan Ada perbedaan pengetahuan ibu hamil tentang persiapan persalinan dan menjadi orang tua pada kelompok Kontrol dan Intervensi sebelum dan sesudah Pelatihan Kelas Ibu Hamil p<0.01. Kelompok ibu hamil yang diberi intervensi mempunyai pengetahuan lebih baik tentang tentang persiapan persalinan dan kesiapan menjadi orang tua dibandingkan kelompok kontrol di Puskesmas Teling Kota Manado.

References

Depkes RI., (2009a), Pelatihan Kelas Ibu, Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita Buku Pegangan Pelatih, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Dep. Kes R.I, Jakarta.
..........,(2009b), Pelatihan Kelas Ibu, Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita Buku Pegangan Peserta, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Dep. Kes R.I, Jakarta.
.........., (2009c), Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA), Jakarta.
..........,(2011), Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Dep. Kes R.I, Jakarta.
Kemenkes RI, (2011) Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.
Manuaba, I.,A.,C.,Manuaba.,I.,B.,G.,F, Manuaba., I.,B.,G., (2009). Buku Ajar Patologi Obstetri untuk Mahasiswa Kebidanan, Jakarta. 
Pani.W (2013), Pengaruh penyuluhan kelas prenatal plus terhadap Pengetahuan dan sikap ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Mamboro kecamatan Palu utara Kota Palu provinsi Sulawesi Tengah, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makasar.
Prawirohardjo., S (2006), Maternal and Neonatal Child, Yayasan Sarwono Prawirohardjo, Jakarta.
Schott., J, Priest ., J., (2008), Seri Praktik Kebidanan, Kelas Antenatal, Edisi 2, Penerbit Buku Kedokteran, EGC, Jakarta.
Supartini T, Widaningsih.N (2011) Penerapan Kelas Ibu terhadap Pengetahuan Ibu dan Frekuensi Antenatalcare, Jurusan Kebidanan BandungRisbinakes Poltekkes Bandung Tahun 2011.

Published
2018-03-23