Author Guideline

PEDOMAN PENULISAN JURNAL GIZIDO

JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MANADO

 

 

Jurnal GIZIDO menerima naskah tentang gizi dan kesehatan, baik berupa hasil penelitian, kajian ilmiah atau kajian pustaka yang bermanfaat bagi kemajuan pergizian dan upaya perbaikan gizi dan kesehatan di Indonesia. Naskah belum pernah dimuat, atau sedang diajukan untuk dimuat dalam media komunikasi tertulis lainnya. Naskah yang dikirim belum tentu dimuat, tergantung pada pertimbangan dewan redaksi.

Naskah dikirm rangkap dua, diketik diatas kertas HVS ukuran A4 dengan jarak 2 spasi, memakai jenis huruf Arial dengan font size 11, garis tepi kiri 4 cm dan tepi kanan 2 cm, tebal 8-15 halaman dan diserahkan dalam bentuk print out 1 eksemplar beserta disketnya (soft copy). File dibuat dengan Microsoft Word.

Dibawah nama penulis dicantumkan abstract (Inggris) untuk naskah yang berbahasa Indonesia, dan dalam bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris. Abstrak ditulis tanpa alinea (satu paragraph maksimum 200 kata, dan ada kata kunci (huruf Arial font size 10). Naskah artikel belum pernah diterbitkan pada media yang lain.

Sistematika penulisan naskah asli (hasil penelitian) terdiri atas : Pendahuluan, Bahan dan Cara, Hasil dan Bahasan, Simpulan dan Saran serta rujukan (daftar pustaka). Kata rujukan digunakan untuk daftar acuan (sitasi) atau kutipan langsung. Tanda rujukan pada naskah ditulis dengan angka arab, dan diurut menurut nomor pemunculan (Vancouver Style). Penulisan rujukan harus taat asas (konsisten) dan berpedoman pada contoh berikut :

Majalah/Jurnal/Terbitan berseri;

  • Pengarang tunggal:
  1. Karyadi, Darwin, Pengaruh Perbaikan Kesehatan Terhadap Produktivitas Kerja. Gizi Indonesia 1985, 10 (1); 1-13
  • Pengarang ganda :
  1. Slamet, Laela dan Komari. Perubahan Fisik dan Kimiawi selama Proses Pematangan Pisang Raja Sereh dengan Kalsium karbid Secara Rumah Tangga. Gizi Indonesia 1985, 10 (1); 70-74

            Keterangan nama penulis terbalik, jika penulis lebih dari tiga orang, semua nama dapat dicantumkan, atau hanya nama penulis tiga pertama, selanjutnya disingkat “dkk” atau ‘et al” (jika naskah dalam bahasa Inggris).

  • Buku/Monograf
  1. Almatsier, S. 2005. Prinsip dasar Ilmu Gizi, Pengenalan Ilmu Gizi, Jakarta. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, hal 3-5
  • Prosiding/Pertemuan Ilmiah
  1. Sadli, Persepsi Masyarakat Mengenai Tempe. Prosiding Simposium Tempe dalam Peningkatan Upaya Kesehatan dan Gizi. Jakarta. 15-16 April 1985.
  2. Soewondo, S, Husaini, M.A, Pilang WG and Pollitt E. Recent Studies of the Functional Concequences of Iron Deficiency Anemia Cognitive Performance to iron status. Fourth Asian Conggress of Nutrition Bangkok, November 1-4, 1983.

Setiap table, grafik dan gambar atau bagan yang ditulis pada lembar terpisah diberi nomor urut. Judul table ditulis pada Bagian atas, sementara judul grafik, gambar atau bagan ditulis pada bagian bawah. Lambang atau singkatan, kecuali ukuran yang sudah baku, hanya digunakan dalam tabel dengan mencantumkan keterangannya pada bagian bawah. Lambang atau singkatan dalam naskah boleh digunakan hanya sesudah ada penjelasan atau kepanjangannya.

Tanpa izin penulis, redaksi berhak mengubah isi naskah sepanjang tidak bertentangan dengan pokok tulisan. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jika terpaksa mengubah bahasa “asing” atau bahasa “daerah” harus ditulis dalam tanda “(..) atau dengan huruf italic atau pakai garis bawah.