Efektivitas Media Poster Dan Podcast Terhadap Tingkat Pengetahuan Dasar Hipertensi Pada Penderita Hipertensi
Abstract
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana meningkatnya tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Salah satu penyebab terjadinya hipertensi adalah kurangnya edukasi atau pengetahuan dan pengembangan seseorang mengenai pendidikan kesehatan. Pemberian edukasi kesehatan memiliki tujuan utama yaitu terjadinya perubahan perilaku dengan memperbaiki pengetahuan (kognitif), sikap, serta praktik (mendapatkan akses informasi kesehatan, mempergunakan informasi) sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan atau mempertahankan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media poster dan podcast terhadap tingkat pengetahuan dasar hipertensi pada penderita hipertensi. Jenis penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Design. Uji statistic yang digunakan adalah Uji Paired Sample T Test dan Uji Independent Sample T Test. Hasil Uji Paired Sample T Test menunjukan bahwa media poster (p value 0.002) dan media podcast (p value 0.000) memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat pengetahuan dasar hipertensi. Hasil Uji Independent Sample T Test menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dasar hipertensi antara pemberian media poster dan podcast (p value 0.140). Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian media poster dan media podcast terhadap tingkat pengetahuan dasar hipertensi pada penderita hipertensi yang berusia 25-60 tahun.
References
Fernalia, dkk. 2019. Efektivitas metode edukasi audiovisual terhadap self management pada pasien hipertensi di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Keperawatan Silampari 3(1): 221-233.
Firmawati, dkk. 2015. Pengaruh blog edukatid tentang hipertensi terhadap pengetahuan tentang hipertensi dan perilaku diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta. Muhammadiyah Journal of Nursing 1(2): 100-108.
Haryani, dkk. 2016. Penyuluhan kesehatan melalui media cetak berpengaruh terhadap perawatan hipertensi pada usia dewasa di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia 19(3): 161-168.
Kartika, dkk. 2016. Asupan lemak dan aktivitas fisik serta hubungannya dengan kejadian hipertensi pada pasien rawat jalan. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia 4(3): 139-146.
Meisyanti dan Kencana, W. 2020. Platform digital siaran suara berbasis on demand (studi deskriptif podcast di Indonesia). Jurnal Komunikasi dan Media 4(2): 191-207.
Rahma, dkk. 2018. Pengaruh pemberian jus campuran belimbing (Averhoa carambola linn) dan mentimun (Cucumis sativus linn) terhadap tekanan darah pasien hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Jurnal Gizi Prima 3(1): 8-17.
Rahmanita, L dan Erawati, M. 2020. Evaluasi program edukasi dengan video dan poster terhadap perilaku masyarakat dalam menghadapi COVID-19 (Preliminary Study). Journal of Holistic Nursing and Health Science 3(1): 9-16.
Sari, SA. 2016. BAB II LANDASAN TEORI A. Tinjauan Pustaka. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/54749/MjM5NDAy/Pengaruh-penyuluhan-gizi-terhadap-pengetahuan-ibu-tentang-pola-makan-balita-di-Desa-Sambirejo-Kecamatan-Mantingan-Kabupaten-Ngawi-BAB_II.pdf (Diakses tanggal 28 April 2021).
Tuzzahroh, F. 2015. Pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media video, poster dan permainan kwartet gizi terhadap pengetahuan gizi dan status gizi siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/39769/18/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf (Diakses tanggal 28 April 2021).
Ulya, dkk. 2017. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing) 12(1): 38-46.