Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Judul dalam bahasa Indonesia atau Inggris, singkat dan jelas, ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 14, bold, 1 spasi, margin tengah, huruf kapital dan kurang dari 12 kata. Topik diangkat atau merupakan hasil penelitian. Nama penulis semua tanpa gelar, ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, bold, margin tengah. Nama lembaga pada baris kedua sesuai urutan lembaga penulis, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10, margin tengah.  Alamat email penulis pada baris ketiga. Jika ada penulis kedua dan seterusnya, penulisan identitas sama dengan penulis pertama. Untuk bahasa Inggris tulisan dicetak miring.

Naskah Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan huruf Arial, ukuran 10, 1 spasi. Panjang abstrak maksimum terdiri dari 250 kata. Abstrak berisi tujuan penelitian, metode, populasi, sampel, instrumen, hasil, kesimpulan. Untuk abstrak dalam bahasa inggris ditulis italic. Kata kunci ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 10 pts, dibawah naskah abstrak. Tulisan kata kunci ditulis bold italic.

Kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, dst (minimal 3 kata kunci)

Artikel Ilmiah ditulis dengan format 2 kolom. Pendahuluan tidak perlu diberi judul, ditulis langsung setelah kata kunci, dengan huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1 di kertas A4, dengan margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, dan bawah 3 cm dengan jumlah halaman ±12 halaman. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan yang didukung oleh konsep, teori dan hasil-hasil penelitian dari sumber-sumber pustaka yang relevan dan mutakhir. Diakhir pendahuluan disebutkan tujuan penulisan artikel atau penelitian secara jelas.

Metode: Berisi jenis metode yang digunakan, variabel data, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, sampling, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data.

Hasil: Berisi jawaban dari permasalahan penelitian/tujuan penelitian secara kuantitatif dan/atau kualitatif secara jelas, tepat dan lengkap yang dapat menggunakan informasi dalam bentuk gambar/grafik/tabel/uraian secara aktual.

Pembahasan: Berisi ringkasan hasil penelitiannya, keterkaitan dengan konsep atau teori dan hasil penelitian lain yang relevan, interpretasi temuan, keterbatasan penelitian, serta  implikasinya terhadap perkembangan konsep atau keilmuan.

Kesimpulan: Berisi rangkuman jawaban atas permasalahan penelitian yang merupakan sumbangan terhadap perkembangan keilmuan (dalam satu paragraf). Jika ada saran dapat digabungkan dalam kesimpulan.

Ucapan terima kasih : ditujukan kepada orang atau lembaga yang benar2 membantu pelaksanaan penelitian atau penulisan termasuk pemberi dana.

Tabel: harus diberi nomor secara berurutan (Tabel 1, Tabel 2, dll) dan setiap tabel harus dimulai pada halaman terpisah di akhir manuskrip. Setiap tabel harus memiliki judul. Setiap legenda meja, dalam bentuk paragraf, harus secara singkat menggambarkan isinya dan menentukan singkatan yang digunakan. Jika nilai dikutip dalam tabel, unit pengukuran harus dinyatakan.

 Daftar Pustaka : dalam teks dikutip secara berurutan berdasarkan angka (Vancouver Style). Semua kutipan dalam teks harus muncul dalam daftar pustaka dan sebaliknya. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah manuskrip yang belum dipublikasikan atau dipublikasikan secara online, surat kabar yang dilaporkan pada pertemuan, atau komunikasi pribadi - ini hanya boleh dikutip dalam teks, bukan sebagai referensi resmi. Penulis harus mendapatkan izin dari sumber untuk mengutip komunikasi pribadi atau karya yang tidak dipublikasikan. Sumber pustaka sebaiknya menggunakan pustaka 10 tahun terakhir  kecuali pustaka dibidang kesehatan minimal 5 tahun terakhir. Penulisan citasi/kutipan dan literatur/daftar pustaka menggunakan aplikasi pengutipan Mendeley atau metode lainnya seperti end Note, AMA Style.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.